Search

Ditemui Sejumlah Artis, Jokowi Janji Alokasikan Dana Abadi Kebudayaan - detikNews

Jakarta - Presiden Joko Widodo (Jokowi) ditemui sejumlah artis di Istana Kepresidenan Bogor. Dalam pertemuan itu Jokowi berjanji akan segera alokasikan dana abadi kebudayaan.

"Jadi kalau itu (dana abadi kebudayaan) kan baru akan dimulai tahun depan, bahwa akan ada dana abadi yang memang oleh bapak Presiden disisihkan," ujar musisi Yovie Widiyanto usai bertemu Jokowi di Istana Kepresidenan Bogor, Jawa Barat, Rabu (17/7/2019).

Ada sekitar 100 artis yang bertemu Jokowi di Istana Bogor. Meski sudah dijanjikan Jokowi, Yovie mengatakan mekanisme pengelolaan dana abadi kebudayaan tersebut belum dibahas secara detail dalam pertemuan tersebut.

"Memang belum terlalu detail sih sebenarnya umum. Sangat umum, jadi bahwa mekanismenya lewat apa dengan cara seperti apa," katanya.

Yovie mengatakan dirinya dan sejumlah artis menyambut baik dana pendidikan dan kebudayaan yang akan dialokasikan tersebut. Menurutnya, tersedianya dana abadi ini akan mendukung kreativitas para pekerja seni serta perkembangan industri kreatif.

"Itu bisa membuat bertambah power untuk Indonesia kreatif tentu itu harus disambut baik oleh kita," katanya.

Senada dengan Yovie, artis yang juga anggota DPR RI terpilih dari Partai NadDem, Farhan mengatakan dana abadi kebudayaan yang akan dialokasikan tersebut cukup besar. Meski dia tak menyebut angka pastinya, Farhan mengatakan tujuannya memang untuk kepentingan pendidikan dan kebudayaan.

"Dana abadi ini kan dananya lumayan besar tujuannya untuk lembaga pendidikan itu pesan pak Presiden. Tapi memang mekanismenya belum jelas," ujarnya.

Farhan berharap pengelolaan dana abadi kebudayaan dapat dilakukan dengan baik dan transparan. "Untuk itu ya harus kerjasama semua mulai dari pengelolaan awal apakah akan dibentuk badan baru, mungkin," katanya.

Sementara itu, artis Oppie Andaresta mengatakan, alokasi dana abadi pendidikan tersebut bisa ditujukan untuk melestarikan musik tradisional yang sudah sulit ditemukan pemainnya.

"Di desa saya ada 1 alat musik yang pemainnya tinggal 1 yang bisa. Menurut saya yang harus kita data dan harus difokus pemerintah. Karena itu justru kekayaannya Indonesia. Mudah-mudahan lewat dana abadi bisa mensupport musisi tradisi," kata Oppie.

"Garis besarnya bahwa bapak (Jokowi) berjanji memberikan support lebih daripada yang sudah-sudah. Dia bilang saya untuk periode kedua ini akan jor-joran," imbuhnya.
(jor/idn)

Let's block ads! (Why?)

https://news.detik.com/berita/d-4628869/ditemui-sejumlah-artis-jokowi-janji-alokasikan-dana-abadi-kebudayaan

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Ditemui Sejumlah Artis, Jokowi Janji Alokasikan Dana Abadi Kebudayaan - detikNews"

Post a Comment

Powered by Blogger.